Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, April 28, 2014

Sabda Hidup

Selasa, 29 April 2014
Peringatan Wajib St. Katarina dr Siena
warna liturgi Putih
Bacaan
Kis. 4:32-37; Mzm. 93:1ab,1c-2,5; Yoh. 3:7-15

Yohanes 3:7-15:
7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. 8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh." 9 Nikodemus menjawab, katanya: "Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?" 10 Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu? 11 Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami. 12 Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi? 13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. 14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, 15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.


Renungan:
Membicarakan sesuatu yang duniawi, yang terlihat mata, akan lebih mudah bagi siapapun dibanding membicarakan hal rohani, yang seringkali terlihat oleh mata. Ketika kita sudah tidak mampu menangkap pembicaraan tentang yang terlihat kita akan sangat kesulitan mengerti yang tak terlihat. "Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi? " (Yoh 3:12).
Meyakinkan sesama memang bukan hal yang mudah. Aneka tindakan meyakinkan orang lain merupakan seni hidup yang tak ada batasnya dan pantas terus menerus kita pelajari. Saat ini saya ingin mengajak anda sejenak melihat siaran iklan. Coba perhatikan bahwa umumnya iklan tidak lebih dari 30 detik. Walau tidak lebih dari 30 detik siaran itu bisa membius manusia. Dengan hanya 30 detik orang bisa diyakinkan bahwa orang cantik kalau berkulit putih, hitam; berambut lurus, ikal, keriting dan sebagainya. Seseorang dianggap punya selera lelaki kalau merokok dsb.
Banyak hal yang biasa menjadi luar biasa pengaruhnya kala dikemas dengan tepat. Hal yang sulit dipahami pun akan menjadi berdaya kala terolah dengan meyakinkan. Yesus mengolah tema sulit, kelahiran baru, dan mampu meyakinkan Nikodemus sang terpelajar. Marilah kita tekun menemukan aneka metode dan kemasan yang tepat untuk menghadirkan aneka ajaran iman.

Kontemplasi:
Liatlah salah satu iklan di TV. Perhatikan dengan baik bagaimana pencipta iklan itu meyakinkan pemirsa. Pilihlah salah satu keyakinan imanmu. Coba bayangkan kemasan yang akan kaugunakan untk menyampaikan pesan imanmu.

Refleksi:

Sejauh mana anda meyakini imanmu dan menyampaikannya secara tepat kepada mereka yang bertanya padamu.

Doa:

Ya Tuhan, sudilah Engkau membangkitkan keyakinanku akan ajaranMu dan kemampuanku meyakinkan sesamaku. Amin.

Perutusan:
Aku akan mengembangkan kemampuanku mengemas keyakinanku pada Yesus.

0 comments:

Post a Comment