Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, September 5, 2014

Lamunan Pekan Biasa XXII



Sabtu, 6 September 2014

Lukas 6:1-5

6:1 Pada suatu hari Sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya, sementara mereka menggisarnya dengan tangannya.
6:2 Tetapi beberapa orang Farisi berkata: "Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?"
6:3 Lalu Yesus menjawab mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan oleh Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,
6:4 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan mengambil roti sajian, lalu memakannya dan memberikannya kepada pengikut-pengikutnya, padahal roti itu tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam?"
6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, banyak orang akan merasa baik, benar, dan luhur kalau dapat hidup tertib dan teratur. Dengan ketertiban dan keteraturan orang dapat yakin bahwa hidup akan membahagiakan karena terhindar dari kekacauan.
  • Tampaknya, untuk menjaga keteraturan dan ketertiban orang membutuhkan institusi yang menjaga tata hidup. Agama pun juga memiliki tata hukum dan tata disiplin macam-macam untuk menjaga keluhuran hidup.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa keteraturan sejati akan membuka ruang ketidakteraturan justru demi damai dan sejateranya sebanyak mungkin orang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan terbuka pada ketidakmampuan orang untuk menjalani tatanan umum terutama bagi yang papa dan menderita.
Ah, yang baik adalah yang tidak ngawur dong.

0 comments:

Post a Comment