Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, September 30, 2014

SETIAP TAHUN 50 JUTA ORANG MASUKI USIA LANJUT



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setiap tahun sebanyak 50 juta orang di dunia memasuki lanjut usia (lansia), sehingga jumlah lansia saat ini terus meningkat. “Dalam 10 tahun ke depan jumlah lansia di dunia bisa mencapai satu miliar di seluruh dunia,” kata Ketua Komnas Lansia, Toni Hartono pada Seminar Solusi Hidup Sehat, Bahagia dan Berguna di Usia Tua di Jakarta, Ahad (4/5).

Lebih lanjut Toni mengatakan, jumlah lansia di Indonesia merupakan urutan ke empat terbesar di dunia setelah Tiongkok, India dan Amerika Serikat. Jumlah lansia di Indonesia pada tahun 2000 sebanyak 14,4 juta jiwa atau mencapai 7,18 persen dari total jumlah penduduk.

Pada 2020 diperkirakan akan berlipat ganda menjadi 28,9 juta atau naik menjadi 11,11 persen, meningkat dua kali lipat selama dua dekade. Diprediksikan pada 2025 jumlah lansia membengkak menjadi sekitar 40 jutaan. Bahkan pada 2050 diperkirakan bisa mencapai 71,6 juta jiwa lansia di Indonesia.

Semakin meningkatnya jumlah lansia tersebut disebabkan karena usia harapan hidup juga meningkat yaitu mencapai 72 tahun.

Kementerian Sosial mendata ada 2,9 juta lansia terlantar dengan anggaran untuk penangannya Rp145 miliar yang hanya mampu menangani 44.441 lansia. Populasi lansia terbesar berada di pedesaan dengan kondisi sosial, ekonomi dan kesehatan yang umumnya memprihatinkan.
p 89EKCgBk8MZdE Setiap Tahun 50 Juta Orang Masuki Usia Lansia

0 comments:

Post a Comment