Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, September 28, 2014

Sabda Hidup

Senin, 29 September 2014
Pesta St. Mikael, Gabriel, dan Rafael, Malaikat Agung
warna liturgi Putih
Bacaan:
Dan. 7:9-10,13-14 atau Why. 12:7-12a; Mzm. 138:1-2a,2bc-3,4-5; Yoh. 1:47-51. BcO Why 12:1-18

Yohanes 1:47-51:
47 Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" 48 Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." 49 Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" 50 Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." 51 Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

Renungan:
Memandang gambar atau patung malaikat Gabriel, Mikael dan Rafael muncul rasa nyaman tersendiri. Pribadi-pribadi yang menampilkan kegembiraan, perlindungan dan penyembuh terasa seakan-akan hadir dan siap membantu. Kisah-kisah tentang mereka yang diterima kala masih kanak-kanak terasa masih hidup sampai sekarang. Sesekali masih terlontar doa mohon perlindungannya.
Para malaikat agung memang disiapkan Tuhan untuk menjagai hidup kita. Dan terasa aman kala kita merasakan kehadirannya di perjalanan hidup kita. Maka rasa saya baik kalau kisah-kisah tentang mereka kita pelajari dan hidupkan lagi baik untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain khususnya anak-anak. Mereka akan menuntun kita ke jalan Tuhan dan semakin memperkenalkan siapa Tuhan kepada kita. Dan bersama mereka kita pun bisa seperti Natanael lalu mengatakan, "Engkau Anak Allah" (bdk Yoh 1:49)
 
Kontemplasi:
Bayangkan para malaikat agung datang dan bercakap-cakap denganmu.

Refleksi:
Tulislah pengenalanmu tentang para malaikat agung: Gabriel, Mikael dan Rafael.

Doa:
Tuhan terima kasih perlindunganMu melalui para malaikatMu yang agung. Semoga bersama mereka aku pun semakin mengenalMu. Amin.

Perutusan:
Marilah kita berbagi pengalaman akan perlindungan Tuhan melalui para malaikatNya.

0 comments:

Post a Comment