Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, February 19, 2015

Lamunan Hari Jumat sesudah Rabu Abu

Jumat, 20 Februari 2015

Matius 9:14-15

9:14. Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: “Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?”
9:15 Jawab Yesus kepada mereka: “Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, yang namanya diet dalam kesehatan menjadi sesuatu yang butuh perjuangan. Orang kalau sedang diet dapat merasakan kondisi yang amat berat dan menyusahkan.
  • Tampaknya, yang namanya puasa dalam agama juga menjadi perjuangan diri. Karena menyangkut santapan jasmani puasa juga dapat membuat tubuh berkurang energi dan memunculkan rasa tidak enak.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa puasa dan diet sejati adalah pembangunan dan pengembangan rasa sukacita kalau dilandasi energi kedalaman batin sehingga hanya yang meninggalkan energi inilah yang hanya akan menemukan dukacita. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menjalani mati raga mengurangi makan minum untuk menambah kemesraan itu dengan memperluas cakrawala pemahaman hidup dan kepedulian yang yang papa.
Ah, puasa itu yang menjalani wajib agama.

0 comments:

Post a Comment