Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, February 18, 2015

Lamunan Hari Kamis sesudah Rabu Abu

Kamis, 19 Februari 2015
 
Lukas 9:22-25

9:22 Dan Yesus berkata: “Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.”
9:23 Kata-Nya kepada mereka semua: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.
9:24 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya.
9:25 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri? 

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, dengan berkembangnya era global orang banyak dienakkan. Dalam banyak hal orang tidak perlu sendiri berproses karena amat banyak hal tersaji secara instan.
  • Tampaknya, iklim instan dipandang membantu orang tidak perlu bersusah payah untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi kemajuan tekhnologi dapat menghadirkan banyak rekayasa kimiawi yang membuat banyak santapan dapat lama awet tersimpan.
  • Tetapi BISIK LUHUR bahwa keenakan dan kenikmatan sejati hanya berasal dari yang alami dan membutuhkan proses olahan sehingga hanya yang mau bersusah payah yang akan mendapatkannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan merasa wajar kalau dalam segala hal yang menyangkut pemenuhan kebutuhan hidup harus menempuh perjuangan dengan susah deritanya.
Ah, kalau sudah tersedia dengan enak mengapa harus susah payah.

0 comments:

Post a Comment