Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, April 13, 2015

Gigi Palsu Bikin Umur Lansia Panjang

Gigi Palsu Bikin Umur Lansia Panjang
Gigi palsu perpanjang umur lansia (Foto: dentalcare)
BELUM banyak orang yang menyadari pentingnya gigi palsu atau gigi tiruan untuk lanjut usia (Lansia) yang membutuhkan. Selain untuk kepentingan estetika, gigi tiruan ternyata dapat membantu lansia mencerna makanan dengan baik, sehingga berimbas pada perpanjangan usia mereka.

“Sebagai seorang dokter gigi, saya sering menemukan banyaknya masyarakat yang tidak mengerti fungsi dan manfaat dari gigi tiruan,” ujar drg. Susi Puspitadewi, Sp. Prost, pakar gigi tiruan, dalam seminar untuk merayakan Hari Lansia Sedunia, di Beranda Kitchen, Jakarta Selatan, Rabu (22/10/2014).

Menurutnya pengaruh gigi tanggal pada lansia dapat berpengaruh pada kondisi psikis dan fisik. Lansia mungkin akan menurun kepercayaan dirinya, sehingga mereka malas berinteraksi dengan orang lain. Dari segi fisik, ini dapat menyebabkan kesulitan mencerna makanan yang berimbas pada kurangannya asupan nutrisi, yang memungkinkan munculnya gangguan kesehatan.

“Kita tentu mengetahui bahwa asupan makanan pertama kali masuk melalui mulut yang dicerna dengan bantuan gigi. Kalau tidak ada gigi, maka fungsi pencernaan akan bekerja lebih keras. Dan jika gangguan ini membuat lansia malas makan, otomatis gizi mereka dapat berkurang perlahan,” tuturnya.

Tambahnya, setiap gigi yang hilang harus diganti, karena setiap gigi mempunyai jenis dan fungsi yang berbeda. Selain untuk menopang penampilan dan fungsi berbicara, hilangnya gigi akan menimbulkan kekacauan pada gigi di sekitarnya, sehingga sering ditemui gigi berubah posisi menjadi miring atau turun.

(ren)

0 comments:

Post a Comment