Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, April 2, 2015

Lamunan Pekan Suci

Hari Jumat Agung
Jumat 3, April 2015

Ibrani 4:14-16; 5:7-9 (bdk Injil: Kisah Sengsara Yohanes 18:1-19:42)

4:14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita.
4:15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.
4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.
5:7 Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan.
5:8 Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya,
5:9 dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya,

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, penderitaan adalah hal yang amat tak diinginkan oleh manusia. Sakit sedikit saja orang sudah berusaha untuk mendapatkan kesembuhan.
  • Tampaknya, orang akan berusaha membebaskan diri dari derita akibat perlakukan yang tidak adil. Di dalam pengadilan pun orang dapat berjuang untuk naik banding agar terbebas dari putusan yang tidak benar.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa seberat apapun segala derita yang muncul sebagai risiko upaya dan atau perjuangan demi kebaikan justru menjadi jalan untuk mempertajam kesetiaan orang terhadap aura nurani di kedalaman batin. Dalam yang ilahi orang akan memperdalam dan mengembangkan kesetiaan batin terhadap kebaikan justru lewat duka lara yang menyertai hidupnya.
Ah, kalau punya kekuatan orang harus melawan perlakukan busuk.

0 comments:

Post a Comment