Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, April 9, 2015

Pentingnya Gigi Palsu Kurang Disadari Lansia

diambil dari http://www.tribunnews.com Sabtu, 14 Juni 2014 02:24 WIB

Pentingnya Gigi Palsu Kurang Disadari Lansia
int ilustrasi
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kesehatan gigi dan mulut pada usia lanjut harus diwaspadai karena fungsi gigipun akan semakin menurun sejalan dengan bertambahnya usia.

Berbagai macam gangguan kesehatan gigi dan mulut yang kerap terjadi antara lain nyeri gigi, kesulitan mengunyah, gigi tanggal atau hilang, masalah pada pemakaian gigi tiruan, dan lainnya.

Ketua Umum PB PDGI drg. Farichah Hanum, MKes mengatakan, gangguan kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu masalah yang berimplikasi negatif terhadap kesehatan secara keseluruhan sehingga mempengaruhi kualitas hidup para lansia.  Salah satunya kondisi gigi hilang atau edentulisme yang umum ditemui pada kaum lansia.

"Kurangnya pengetahuan akan pentingnya penggunaan gigi tiruan membuat banyak lansia segan menggunakan gigi tiruan," katanya disela-sela kerjasama GlaxoSmithKline (GSK) melalui produk Polident, PDGI dan  Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). di Jakarta belum lama ini.

Padahal, gigi tiruan mampu mengembalikan fungsi dan estetika gigi asli yang telah hilang. Maka, gigi tiruan menjadi salah satu solusi efektif dalam mengatasi gangguan kesehatan gigi dan mulut di usia lanjut.

"Penggunaan gigi tiruan dapat membantu menjamin kondisi kesehatan gusi dan rahang mulut sehingga tidak menimbulkan efek negatif lebih luas," katanya. (Eko Sutriyanto)

0 comments:

Post a Comment