Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, April 17, 2015

Sabda Hidup

Sabtu, 18 April  2015
Hari biasa Pekan II Paskah
warna liturgi Putih
Bacaan:
Kis. 6:1-7; Mzm. 33:1-2,4-5,18-19; Yoh. 6:16-21. BcO Why. 5:1-14

Yohanes 6:16-21:
16 Dan ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu 17 dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, 18 sedang laut bergelora karena angin kencang. 19 Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. 20 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Aku ini, jangan takut!" 21 Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.

Renungan:
Suatu kali mungkin kita pernah mengalami situasi sulit dalam hidup kita. Kesulitan-kesulitan itu bisa menyangkut soal ekonomi, budaya, politik, agama dll. Ada sebuah contoh seseorang mengalami kesulitan dalam hal ekonomi. Saat itu dia sama sekali tidak mempunyai cadangan uang untuk menebus dari rumah sakit. Keluarganya berkumpul membicarakan aneka kemungkinan, sampai kemungkinan menggadaikan sertifikat tanah. Pada saat itu datang tamu. Mendengar kondisi tersebut ia meminjamkan uang tanpa bunga untuk biaya rumah sakit.
Para murid menghadapi taufan di tengah danau. Mereka sibuk mengatur langkah kapal agar tidak karam. Di tengah ketidakpastian akan selamat dari taufan itu Yesus datang dan menyelamatkan mereka.
Hidup tidak pernah buntu sama sekali. Selalu ada jalan untuk lepas dari aneka macam kesulitan. Usaha dan harapan kita kadang diuji dengan situasi sulit tersebut. Ketika kita tekun berusaha dan mempunyai harapan yang kuat, pertolongan akan datang membebaskan kita.

Kontemplasi: 
Bayangkan kisah dalam Injil Yoh. 6:16-21. Bandingkan dengan pengalamanmu ketika mengalami kesulitan.

Refleksi:
Apa yang akan kaulakukan ketika kesulitan menghimpitmu?

Doa:
Tuhan semoga aku tekun dalam usaha dan kuat dalam pengharapan ketika kesulitan menerpa hidupku. Amin.

Perutusan:
Aku akan tetap berusaha mengatasi kesulitanku..-nasp-

0 comments:

Post a Comment