Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, May 26, 2018

Lamunan Hari Raya

Tritunggal Mahakudus
Minggu, 27 Mei 2018

Matius 28:16-20

28:16. Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.
28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, setiap agama dan atau kepercayaan dapat menghadirkan pengajaran tentang yang ilahi. Bahkan dalam agama-agama besar ada rumusan-rumusan baku yang secara umum disebut dogma.
  • Tampaknya, sekalipun ada bermacam-macam agama dan atau kepercayaan, secara umum ada keyakinan bahwa Tuhan yang disembah oleh semua agama dan atau kepercayaan adalah Tuhan yang sama. Kemudian dalam Pancasila muncullah rumusan Ketuhanan yang Mahaesa.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun sembahan semua agama dan atau kepercayaan sama, kesejatian Tuhan adalah misteri sehingga bila semua penghayat mau sungguh saling jumpa dalam sikap bersaudara orang akan mampu menerima adanya aneka isi penghayatan dan pemahaman akan keesaanTuhan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari bahwa keesaan Tuhan bukanlah hitungan matematik tetapi jaringan persekutuan yang beraneka.
Ah, tidak tahu tentang Tuhan tidak masalah, karena yang pokok menjalani agama.

0 comments:

Post a Comment