Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, May 25, 2018

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Filipus Neri, Imam
Sabtu, 26 Mei 2018

Markus 10:13-16

10:13. Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.
10:14 Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.
10:15 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya."
10:16 Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, acara-acara umum keagamaan seperti liturgi dan pendalaman iman adalah forum untuk kaum dewasa. Kehadiran anak-anak dapat mengganggu ketertiban karena mereka memiliki dunia lain.
  • Tampaknya, layaklah kalau anak-anak tidak diperbolehkan untuk berada bersama kaum dewasa untuk menjaga kekhusukan ibadat dan atau fokus pembicaraan. Apabila banyak anak yang hadir, layak pula kalau dicarikan pendamping khusus untuk membuatkan anak acara tersendiri.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, semengacau apapun anak-anak dalam acara-acara keagamaan kaum dewasa, kehadiran mereka justru menjadi keteladanan sikap keterbukaan mau berada di dalam suasana yang tidak dipahami karena kesejatian hidup adalah kesediaan berada dalam aneka misteri kehidupan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa anak-anak justru jadi guru untuk terbuka pada aneka kehidupan yang tidak atau belum dipahami.
Ah, yang namanya dewasa adalah tahu segalanya dan anak harus banyak diberi tahu.

0 comments:

Post a Comment