Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, May 4, 2018

Lamunan Pekan Paskah V

Sabtu, 5 Mei 2018

Yohanes 15:18-21

15:18. "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.
15:20 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.
15:21 Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang dapat bertanya-tanya mengapa orang baik dapat tidak disukai oleh banyak orang. Apapun yang dilakukan dapat menjadi alasan yang berseberangan menemukan kesalahan.
  • Tampaknya, orang dapat heran mengapa makin baik orang malah dapat membuat munculnya orang yang makin membenci. Makin banyak perbuatan baiknya makin besarlah sikap bencinya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, kalau sudah banyak berbuat baik dengan ketulusan hati tetapi malah banyak yang membenci, orang akan menyadari bahwa kesejatian kebaikan berasal dari kehendak cahaya relung kalbu yang berlawan dengan kehendak orang-orang yang didasari oleh sikap cari enak sendiri. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang menyadari bahwa makin baik perilakunya makin besarlah risikonya.
Ah, kalau sungguh baik orang akan disukai oleh amat banyak orang lain.

0 comments:

Post a Comment