Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, May 8, 2018

Lamunan Pekan Paskah VI

Rabu, 9 Mei 2018

Yohanes 16:12-15

16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, untuk mengetahui benar atau salah orang membutuhkan tolok ukur. Di dalam pengadilan untuk mengukurnya ada pasal-pasal hukum dan bukti-bukti.
  • Tampaknya, di dalam dunia pendidikan sekolah pun ada buku pegangan untuk menjaga kebenaran pengajaran. Kunci-kunci jawaban juga dipakai untuk menilai kebenaran jawaban siswa dalam mengerjakan soal-soal ujian.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sevalid apapun ukuran-ukuran dipakai untuk menilai kebenaran, kesejatian kebenaran orang dalam berperilaku tidak didasarkan pada petujuk-petunjuk tekhnis dan pelaksanaan tetapi pada kebiasaannya menimbang-nimbang bisikan-bisikan yang ada di dalam relung kalbu. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mendapatkan landasan hidup benar dari tuntunan nurani.
Ah, kalau sungguh benar ya pasti banyak yang berminat.

0 comments:

Post a Comment