Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, November 26, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXXIV

Senin, 27 November 2017

Lukas 21:1-4

21:1. Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan.
21:2 Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu.
21:3 Lalu Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu.
21:4 Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, uang memang menjadi kebutuhan dalam kehidupan kongkret. Bahkan pada masa kini kehidupan apa saja kerap dihitung dengan uang.
  • Tampaknya, uang juga menjadi kesibukan besar dalam hidup keagamaan. Agama yang merupakan gerakan rohani juga amat membutuhkan uang.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sebanyak apapun sumbangan uang atau derma diberikan untuk agama demi kebutuhan kegiatan-kegiatan dan kehidupan para petugasnya, hal itu tidak akan menjadi tolok ukur besar kecilnya persembahan sejati yang berakar pada sikap lepas bebas dari penguasaan harta, sehingga sesedikit apapun derma kaum miskin dapat bernilai jauh lebih besar dibandingkan dengan sebanyak apapun pemberian orang kaya yang menjadi bagian kecil dari limpahan besaran bunga simpanan uang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak akan menilai keluhuran orang lain dari bentuk-bentuk pemberian material dan finansial.
Ah, bagaimanapun juga yang banyak menyumbang uang ya harus amat dihargai lebih.

0 comments:

Post a Comment