Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, November 1, 2017

Lamunan Peringatan Mulia

Arwah Semua Orang Beriman
Kamis, 2 November 2017

Yohanes 6:37-40

6:37 Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang.
6:38 Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.
6:39 Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.
6:40 Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, pada umumnya orang biasa ingat akan sanak saudara atau teman dekat yang sudah meninggal dunia. Banyak orang dalam masyarakat atau bangsa ingat dan mencatat hari dan tanggal wafat.
  • Tampaknya, ada keyakinan bahwa orang yang sudah meninggal dunia menjadi arwah. Ada juga upacara-upacara peringatan arwah karena keyakinan bahwa yang masih hidup dan yang sudah wafat tetap ada hubungan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun pada umumnya ada gambaran bahwa arwah adalah orang yang sudah mati, orang sadar bahwa yang meninggal dunia itu kembali ke Sang Sumber Hidup dari segala yang ada dan yang hidup sehingga kesejatian arwah adalah orang yang menghayati kehidupan tanpa kematian. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan relung hati orang yakin bahwa dengan meninggalkan kefanaan hidup di dunia orang masuk memandang ke kesejatian hidup.
Ah, arwah itu ya orang yang sudah selesai hubungannya dengan orang yang masih hidup.

0 comments:

Post a Comment