Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, August 28, 2014

AGAR TETAP PRODUKTIF, LANSIA HARUS AKTIF, HINDARI STRES DAN ROKOK

dari vita-insani.co.id 15/04/2014 11:02:56 AM

Jakarta - Kesehatan para senior atau lanjut usia (lansia) 53% disebabkan perilaku, lingkungan 29%, pelayanan kesehatan 10%, dan keturunan 8%.

Perilaku tidak sehat yang kerap menggangu kesehatan lansia antara lain stres, ketidakaktifan fisik, dan merokok. Kondisi itu menyulitkan lansia tetap sehat, bugar, dan produktif.

Prijo Sudibjo, dokter spesialis saraf mengungkapkan, lansia merupakan periode ketika organisme telah mencapai kemasakan dalam ukuran dan fungsi, serta telah menunjukkan kemunduran sejalan dengan waktu.

"Pada lansia, secara pelahan, terjadi hilangnya kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri atau mengganti dan mempertahankan fungsi normalnya. Akibatnya, lansia rentan infeksi dan kemampuan tubuh memperbaiki kerusakan yang terjadi juga menurun sehingga rawan mengalami penyakit degeneratif," kata dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta itu.

Agar tetap produktif, lansia cepat atau lambat memerlukan rehabilitasi medik, yaitu upaya meningkatkan kemampuan fungsional seseorang sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Langkah itu dibutuhkan untuk menghindari kondisi impairment, disability, dan handicap secara maksimal. Impairment, kata Prijo bermakna, tingkatan di mana penderita masih memerlukan perawatan secara aktif, sehingga tidak mampu melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Sedangkan disability atau recovery period merupakan masa di mana penderita mulai dapat melaksanakan pekerjaan sesuai kesembuhan penyakitnya. Sementara, handicap atau cacat menetap adalah keterbatasan kemampuan dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan.

Hal senada juga diungkapkan pakar kesehatan Muhammad Noerhadi. "Agar sehat dan mandiri, lansia harus menghindari pola hidup tidak sehat dan mengkonsumsi gizi seimbang, melakukan aktivitas fisik dan olahraga, dan melakukan pemeriksaan kesehatan berkala," kata Noerhadi. (IZN - pdpersi.co.id)

0 comments:

Post a Comment