Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, August 15, 2014

Lamunan Pekan Biasa XIX



Sabtu, 16 Agustus 2014

Matius 19:13-15

19:13 Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.
19:14 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga."
19:15 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, sekalipun anak-anak kecil sungguh menjadi dambaan orang hidup berkeluarga, mereka biasa digambarkan sebagai yang masih harus banyak diberitahu dan diatur. Anak-anak belum memiliki kemampuan mengelola pikiraan dan perasaannya sehingga mereka biasa menuruti kemauan sendiri.
  • Tampaknya, karena anak-anak kecil belum dapat menata diri, mereka biasa disisihkan dari pertemuan-pertemuan kaum dewasa. Anak-anak kecil akan mudah mengacau acara kaum dewasa
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sejatinya penerimaan terhadap yang kecil justru menjadi tolok ukur keluhuran hidup seseorang yang membuat orang menjadi orang yang sungguh mulia. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan terbuka dan nyaman berguru pada dinamika hidup sekalipun berakibat kacaunya segala kemapanan dan atau keteraturan.
Ah, yang tak teratur ya harus dihindari.

0 comments:

Post a Comment