Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, August 29, 2014

DAPAT GEGAR BUDAYA

Perilaku orang amat berkaitan dengan pola budaya masyarakat di mana orang itu hidup. Padahal masyarakat adalah bagian dari dunia yang selalu berubah. Dunia masyarakat agraris amat berbeda dengan masyarakat industri. Perkembangan dunia global menghadirkan pola hidup yang amat berbeda dengan masyarakat industri apalagi yang agraris. Dapat saja dalam hal perlengkapan hidup lahiriah orang mampu mengikuti perkembangan. Tetapi dalam hal mentalitas orang, yang tidak mengembangkan sikap berdasarkan kesadaran perkembangan zaman, dapat mengalami gagap dan gegar budaya dalam hubungan satu sama lain. Hal ini terutama amat mudah terjadi dalam hubungan antara kaum tua dan kaum muda. Latar belakang budaya ini akan mewarnai pembicaraan tema WONG TUWA ORA KAJEN? dalam Novena Ekaristi Seminar Domus Pacis 7 September 2014. Sebagai orang yang pernah studi sosiologi pastoral, Rama Bambang akan mendampingi pembicaraan.

Seperti biasa, mengingat penyediaan konsumsi, para peserta harus mendaftarkan diri lebih dahulu. Senin 1 September 2014 adalah hari akhir pendaftaran. Untuk mendaftar dan atau mengubah jumlah yang sudah didaftarkan, semua dapat dilakukan dengan menghubungi Rama Bambang lewat HP no. 087834991969. Yang menyatakan pamit adalah Kelompok Lingkungan Nicolas Bintaran dan Kelompok Lingkungan Kepuh Ganjuran. Hingga Jumat 29 Agustus 2014 sudah ada 206 orang yang menjadi pendaftar sebagaimana dapat diihat dalam tabel di bawah.

ASAL PESERTA
JUMLAH
RAYON KOTA KEVIKEPAN DIY
125 ORANG
01.  Paroki Pringwulung
83 orang
02.  Lingkungan Sendowo, Kotabaru
5 orang
03.  Paroki Administratif Pringgolayan
18 orang
04.  Paroki Pugeran
10 orang
05.  Paroki Baciro
9 orang
RAYON SLEMAN KEVIKEPAN DIY
54 ORANG
06.  Paroki Minomartani
10 orang
07.  Paroki Babadan
2 orang
08.  Paroki Babarsari
7 orang
09.  Paroki Medari
23 orang
10.  Paroki Kalasan, Berbah
3 orang
11.  Paroki Mlati
5 orang
12.  Paroki Pakem
2 orang
13.  Paroki Nandan
2 orang
RAYON BANTUL KEVIKEPAN DIY
 5 ORANG
14.  Paroki Bantul
5 orang
KEVIKEPAN SURAKARTA
14  ORANG
15.  Paroki Wedi
 orang
16.  Wanita Katolik RI, Banjarsari, Sala
   orang
17.  Paroki Gondang
14 orang
KEVIKEPAN KEDU
8 ORANG
18.  Paroki Ignatius Magelang
8 orang
JUMLAH
206 orang

0 comments:

Post a Comment