Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, September 27, 2018

Jajak Pendapat Personal: Menurut Kamu Siapakah Aku? Apa Jawabmu?


Jumat, 28 September 2018
Pekan Biasa XXV
Luk 9:18-22

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam masyarakat kita, melakukan jajak pendapat mengenai topik, orang atau acara tertentu merupakan hal yang lumrah. Tujuan jajak pendapat adalah untuk menimbang, merefleksikan dan kemudian menyusun strategi tertentu demi kebaikan. Jajak pendapat adalah salah satu mekanisme rohani. Saat ini kita baca pula misalnya jajak pendapat tentang siapa yang akan menang dalam Pilihan Presiden Republik Indonesia tahun 2019 nanti. Jawabannya pun bisa bermacam-macam. Hari ini, Injil mewartakan sosok Yesus yang melakukan semacam jajak pendapat tentang siapakah diri-Nya menurut kata orang. Jawabannya pun bervariasi. Ada yang bilang Yesus adalah Yohanes Pembaptis. Ada yang bilang Yesus adalah Elia atau salah satu dari nabi di masa lalu yang bangkit lagi. Uniknya, Yesus pun bertanya, "Menurut kamu, siapakah Aku?" 

Atas pertanyaan ini, Petrus menjawab, "Engkaulah Mesias, Putra Allah yang hidup!" Sama seperti kebanyakan orang saat itu, gambaran tentang Mesias bagi Petrus adalah Mesias politik. Mesias yang akan membebaskan umat dari belenggu penjajah. Namun Yesus meluruskan gambaran itu. Benar, Yesus adalah Mesias. Namun Mesias yang harus ditolak, menderita, wafat dan pada hari ketiga dibangkitkan! Yesus bukan Mesias politik tetapi Mesias rohani yang menyerahkan nyawa sebagai Sang Penebus dosa. Yesus adalah Mesias yang harus mati pada kayu salib demi pembebasan manusia dari penjajahan dosa dan kejahatan. Itulah jatidiriNya! Itulah tujuan jajak pendapatNya yakni diterima dalam iman sebagai Sang Penebus tak hanya dalam tingkat politik duniawi!

Ya Yesus, Sang Mesias sejati, ajarilah aku percaya dan mengandalkan Dikau sebagai Sang Mesias sejati dalam hidupku kini dan selamanya. Amin.

JoharT Wurlirang, 27/9/2018
»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶
Aloys budi purnomo Pr

Sent from my heart of abudhenkpr
"abdi Dalem palawija"
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan;
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang;
Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang.

0 comments:

Post a Comment