Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, September 5, 2018

Tema Umum Novena Domus 2019: BELARASA ANTAR LANSIA??


Sore itu, mulai jam 17.00 Senin 27 Agustus 2018, ada pertemuan di Domus Pacis Puren yang melibatkan beberapa orang. Yang pertama kali datang adalah bapak-ibu Sungkono yang kemudian disusul Bapak Roto, Mas Handoko, Bu Retno, dan Bu Rini serta tentu saja Rm. Bambang yang menjadi pengundang. Pertemuan ini dilakukan untuk berbicara tentang pengalaman-pengalaman mereka berhadapan dengan kehidupan kaum usia lanjut yang biasa disebut lansia. Mas Handoko dan Bu Rini berasal dari kelompok relawan Domus Pacis yang mengurus penyelenggaraan program Novena Ekaristi Seminar yang biasa terjadi pada Maret-November sejak tahun 2013. Sedang Pak Sungkono suami-istri, Pak Roto, dan Bu Retno termasuk aktif sebagai peserta. Bahkan Pak Sungkono dan Pak Roto termasuk golongan penggerak kelompok peserta dari daerahnya. Sementara itu Bu Retno dalam kesehariannya selalu mendampingi ibunya yang sudah lansia termasuk mengusahakan ibunya ikut kegiatan lansia. Di dalam pertemuan itu Rm. Bambang melontarkan pertanyaan "Apa yang Anda alami dan pikirkan berkaitan dengan lansia sejauh Anda temukan?"

Pembicaraan sungguh dinamis sekalipun ke sana-sini. Berbagai pengalaman dan pemikiran bertaburan. Pengalaman-pengalaman yang muncul menyangkut: 1) yang terjadi secara perorangan di tengah masyarakat; 2) yang terjadi di dalam keluarga; 3) yang terjadi dalam komunitas-komunitas baik masyarakat umum maupun Gerejani. Dari pengalaman-pengalaman ini terselip pemikiran dan gagasan bagaimana kaum lansia dapat tidak terabaikan dan bebas dari kecemasan: 1) dalam kesendirian karena jauh dari anak cucu; 2) dalam sakitnya; 3) dalam menghadapi masalah ekonomi; 4) dalam kepikunan. Satu hal yang amat menarik adalah pengalaman-pengalaman bantuan yang datang justru dari sesama kaum lansia. Dari sini muncullah gagasan tentang pengembangan sikap dan dorongan tindakan akan terjadinya kepedulian kaum lansia terhadap sesama lansia yang menderita. Ini akan menjadi tema umum pembicaraan dalam bagian seminar program Novena Ekaristi Seminar tahun 2019 di Domus Pacis. Hal inilah yang kini baru diolah oleh Rm. Bambang untuk menjadi topik-topik sembilan kali pertemuan per bulan dari Maret-November 2019. Untuk sementara Rm. Bambang merumuskan tema umum 2019: BELARASA ANTAR LANSIA.

0 comments:

Post a Comment