Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, September 19, 2018

Terbuka dan Bahagia Menyambut Sang Penebus


Kamis, 20 September 2018
Pekan Biasa XXIV
Lukas 7:36-50

Salah satu ciri orang Farisi yang bisa menimpa diri kita pula adalah mengira diri tidak berdosa dan karenanya tidak mengakui bahwa membutuhkan seorang penyelamat. Sikap ini berbahaya karena merupakan kesombongan. Sikap itu membutakan dirinya terhadap siapa diri kita sebenarnya di hadapan Allah. Inilah paradigma yang mendistorsikan realitas ilahi dan menempa dunia yang mementingkan diri sendiri. Baginya, tak ada ruang bagi Sang Penebus. 

Lawan kontras dari ciri farisiisme adalah sikap wanita yang membasuh kaki Yesus dengan derai air matanya lalu menyeka dengan rambutnya dan menaburkan keharuman minyak cinta padaNya. Itu terjadi sebab ia tahu dan sadar bahwa dirinya orang berdosa. Itulah sebabnya, ia mengakui jalan menuju keselamatannya dalam diri Yesus, Sang Penebus dosa! Dia sangat rindu untuk diselamatkan. Belas kasih Kristus bergema di dalam hatinya dan mengundangnya untuk bertobat. Inilah paradigma kerendahan hati. Daya kekuatannya terletak pada  PribadiNya yang diketahui, disadari, diterima dan diimani sebagai kebenaran yang memberikan dan memungkinkan penebusan.

Tuhan tolonglah aku untuk menyadari siapa daku dan siapa Dikau. Ajari aku bersyukur untuk kebaikan dan harapanMu dalam rahmatMu. Bantu aku untuk mengenali kesombonganku dan berjuang untuk mengatasinya sehingga Dikau dapat mengisi hidupku  dengan kebaikan, kerahiman dan kasih penebusanMu, kini dan selamanya. Amin.

Wisma Salam, 19/9/2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶
Aloys budi purnomo Pr

Sent from my heart of abudhenkpr
"abdi Dalem palawija"
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan;
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang;
Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang.

0 comments:

Post a Comment