Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, September 24, 2018

Lamunan Pekan Biasa XXV

Selasa, 25 September 2018

Lukas 8:19-21

8:19 Ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak.
8:20 Orang memberitahukan kepada-Nya: "Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau."
8:21 Tetapi Ia menjawab mereka: "Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya."

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, pada jaman kini hubungan keluarga yang paling terasa adalah antara pasangan suami istri dan anak. Orang lebih memusatkan diri pada keluarga kecil (nucleus family).
  • Katanya, pada jaman dulu yang amat berperan adalah keluarga besar (extended family). Orang akan menekankan hubungan seluas-luasnya dengan sanak saudara yang memiliki hubungan darah dalam silsilah sampai lebih dari lima keturunan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun diperanakkan oleh orang tua yang sama, orang dapat saja tidak mengalami hubungan persaudaraan yang sejatinya bukan didasarkan oleh hubungan darah dan silsilah tetapi oleh sesama pendengar suara nurani. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menjadi bagian keluarga besar kaum taat suara batin.
Ah, jaman sekarang banyak saudara akan harus memberi banyak sumbangan.

0 comments:

Post a Comment