Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, January 20, 2020

Lamunan Peringatan Wajib

Santa Agnes, Perawan dan Martir
Selasa, 21 Januari 2020

Markus 2:23-28

2:23 Pada suatu kali, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum, dan sementara berjalan murid-murid-Nya memetik bulir gandum.
2:24 Maka kata orang-orang Farisi kepada-Nya: "Lihat! Mengapa mereka berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?"
2:25 Jawab-Nya kepada mereka: "Belum pernahkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya kekurangan dan kelaparan,
2:26 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah waktu Abyatar menjabat sebagai Imam Besar lalu makan roti sajian itu--yang tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam--dan memberinya juga kepada pengikut-pengikutnya.
2:27 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,
2:28 jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, setiap agama mempunyai hari-hari tertentu yang dikeramatkan. Pada hari-hari itu orang harus mengarahkan hidup kepada Tuhan.
  • Tampaknya, agar hidup orang terarah kepada Tuhan dalam agama ada aturan-aturan bahkan hukumnya. Orang harus mentaatinya dan kalau tidak hidupnya jadi tersesat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam agama ada tata aturan yang harus ditaati oleh umatnya, bagaimanapun juga tata aturan itu adalah demi kemanusiaan sehingga dalam praktek selalu harus mempertimbangkan kesesuaian dengan kehidupan kongkret pemeluknya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati seketat apapun aturan keagamaan itu semua akan dihayati oleh umat sesuai dengan perkembangan situasi hidup dan budaya setempat.
Ah, orang yang mau suci ya harus taat aturan agama dan menjalani persis seperti pendirinya.

0 comments:

Post a Comment