Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, June 25, 2013

Lamunan Pekan Biasa XII
Rabu, 26 Juni 2013

Matius 7:15-20

7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.


Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, pada zaman kini orang mudah tertarik pada yang disebut "gaya hidup" yang menekankan penampilan indah dengan garapan tubuh lahiriah termasuk adanya berbagai obat dan asesorias. Terhadap tetumbuhan pun orang lebih suka tanaman hias daripada pohon buah-buahan.
  • Tampaknya, barangkali karena budaya instan yang marak dalam era global, banyak orang segala-galanya ingin cepat tersaji. Banyak hal yang menuntut proses tidak menarik minat orang sehingga orang dapat hanya terpesona pada tampilan sesaat seseorang tanpa daya kritis bagaimana perilakunya sehari-hari.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa orang harus waspada akan adanya tokoh yang kata-katanya sebenarnya tak benar bahkan culas. Dalam yang ilahi orang dapat menilai baik dan buruknya orang lain berdasarkan buah hidupnya yang tercermin dalam perilaku hariannya.
Lho, kok malah negative thinking?

0 comments:

Post a Comment