Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, June 20, 2013

Sabda Hidup
Jumat, 21 Juni 2013
Peringatan Wajib St. Aloisius Gonzaga
Warna Liturgi Putih
Bacaan
2Kor. 11:18,21b-30; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7; Mat. 6:19-23

Matius 6:19-23
6:19 "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.
6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.
6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.
6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;
6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.


Renungan
Seorang anak bertanya: Pak kenapa ada gerhana matahari? Sang bapak menjawab: karena ditutupi bulan. Anak: katanya bulan lebih kecil dari matahari, apa cukup untuk menutupi matahari? Sang bapak mengambil jari terunjuk anaknya lalu dengan pelan menempelkan di mata kanannya. Tanyanya: gimana mata kananmu sekarang?  Gelap.  Kata bapak: jarimu yang kecil bisa menutupi pandanganmu
Harta dibutuhkan orang untuk hidup. Namun kalau mata kita hanya terpaku pada harta maka akan gelap. Mata jadi sulit melihat hal-hal baik yang lain, yang ada di sekitar kita. Orang menjadi gila harta, gelap harta. Yang ada di pikirannya hanya harta dan harta aja.
Dunia ini terang, penuh dengan kemungkinan yang menhidupkan. Maka marilah kita memohon pada Tuhan agar menempatkan harta menjadi salah satu dimensi hidup kita dan mampu melihat keindahan-keindahan hidup yang lain.

Kontemplasi
Byangkan dirimu berhadapan dengan orang dekat namu. Ia masih dendam.

Refleksi
Bagaimana anda kala memimpin doa dan dipimpin?

Doa
Tuhan semoga aku dapat menggunakan harta dengan sebaik-baiknya dan membuka mata untuk menangkap segala kebaikanMu di sekitar kami. Amin.

Perutusan
Aku akan membuka mata dan menangkap cahaya rejeki dan kebaikan Tuhan di sekitarkya.

0 comments:

Post a Comment