Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, June 1, 2013

Lamunan Pekan Biasa IX
Hari Raya Tubuh Dan Darah Kristus
Minggu, 2 Juni 2013

Lukas 9:11b-17

9:11b Ia menerima mereka dan berkata-kata kepada mereka tentang Kerajaan Allah dan Ia menyembuhkan orang-orang yang memerlukan penyembuhan.
9:12 Pada waktu hari mulai malam datanglah kedua belas murid-Nya kepada-Nya dan berkata: "Suruhlah orang banyak itu pergi, supaya mereka pergi ke desa-desa dan kampung-kampung sekitar ini untuk mencari tempat penginapan dan makanan, karena di sini kita berada di tempat yang sunyi."
9:13 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Kamu harus memberi mereka makan!" Mereka menjawab: "Yang ada pada kami tidak lebih dari pada lima roti dan dua ikan, kecuali kalau kami pergi membeli makanan untuk semua orang banyak ini."
9:14 Sebab di situ ada kira-kira lima ribu orang laki-laki. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Suruhlah mereka duduk berkelompok-kelompok, kira-kira lima puluh orang sekelompok."
9:15 Murid-murid melakukannya dan menyuruh semua orang banyak itu duduk.
9:16 Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya supaya dibagi-bagikannya kepada orang banyak.
9:17 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian dikumpulkan potongan-potongan roti yang sisa sebanyak dua belas bakul.



Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, tokoh baik dalam masyarakat biasa ditandai dengan berbondong-bondongnya massa rakyat yang mengikutinya untuk mendengarkan segala janji kedamaian dan kesejahteraan. Tokoh baik juga akan banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial.
  • Tampaknya, tokoh-tokoh baik dalam masyarakat juga menyadari adanya massa rakyat yang besar jumlahnya menderita kekurangan kebutuhan dasar hidupnya. Sekalipun sadar tak akan mampu memenuhi kebutuhan, mereka banyak berjuang menggalang orang-orang besar, kuat, kaya, terpandang untuk ambilbagian dalam upaya pengentasan kaum kecil, lemah, miskin, tersingkir, difabel.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa dalam yang ilahi pemenuhan kebutuhan dasar massa yang berkekurangan terjadi bila kaum berkekurangan berkelompok-kelompok membangun komunitas-komunitas atau kelompok-kelompok kecil. Komunitas-komunitas ini saling terbuka satu sama lain dan terbuka dengan kekuatan-kuatan baik mana pun membangun persekutuan atau komunio yang mendasarkan diri pada penyelenggaraan ilahi sehingga dari kekurangan menghasilkan kelimpahan.
Strategi apa itu?! Kelompok kaya saja banyak yang korupsi apalagi kalau diserahkan pada kaum kekurangan.

0 comments:

Post a Comment