Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, June 28, 2013

Sabda Hidup
Sabtu, 29 Juni 2013
HARI RAYA St. PETRUS dan St. PAULUS
Warna Liturgi Merah
Bacaan
Kis. 12:1-11; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7,8-9; 2Tim. 4:6-8,17-18; Mat. 16:13-19

Bacaan Injil Mat. 16:13-19
13Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" 14Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." 15Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" 16Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 17Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. 19Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Renungan
Kala mengunjungi Basilika St Petrus, saya melihat patung St Petrus di berbagai tempat. Ada di halaman, di dalam basilika dll.  Di halaman itu St Petrus digambarkan memegang kunci di tangan kanannya. Spontan aku membatin: oooo ini gambaran dia memegang kunci surga.
Walau beberapa kali melakukan kesalahan dan mungkin bisa dikatakan gagal, Yesus tetap memilihnya menjadi pemimpin para rasul. Dan akhirnya ia pun menyerahkan nyawanya untuk Yesus. Petrus bertobat atas kesalahannya dan sungguh berjuang selama hidupnya untuk menghadirkan Kristus. Sikap pertobatan ini diterima Tuhan. Ia pun diberi kewenangan, "Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga" (Mat 16:19). Sikap tobat ini dimiliki Paulus juga. Dan mereka berdua menjadi pribadi unggul dalam menghadirkan Kristus.
Tuhan sangat berkenan pada pribadi-pribadi yang mau mengakui kesalahan dan dosanya lalu berbalik padaNya. Pada mereka ini Tuhan akan menganugerahkan rahmat untuk menjadi saksiNya. Marilah kita selalu menghidupi sikap pertobatan kita dan hadir pada kuasa kasihNya supaya layak dipakai oleh Tuhan.

Kontemplasi
Pejamkan mata sejenak. Bayangkan dua tokoh sentral Gereja kita: Petrus dan Paulus. Ikuti perjalan hidup dan panggilan mereka.

Refleksi
Siapakah dirimu di hadapan Yesus?

Doa
Tuhan semoga aku selalu siap bertobat dan berbalik memuji dan menghadirkanMu dalam hidupku. Amin.

Perutusan
Aku akan mengakui segala dosa dan kesalahanku dan berbalik pada kuasa Tuhan.

0 comments:

Post a Comment