Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, September 14, 2017

Apakah Sayuran Semuanya Sehat?

diambil dari FB Bms Suryasudarma Rabu 13 September 2017

Orang makan sayuran salah satunya karena sayuran dianggap sehat. Namun ternyata ada sayuran yang tampak sehat, tetapi bisa juga merugikan. Misalnya jika terlalu banyak, atau ditanam secara konvensional.

Terong
 Terong termasuk tanaman yang mengandung solanina, yang sering disebut ikut menyebabkan radang. Orang yang menderita peradangan atau masalah sendi sebaiknya menjauhi terong. Di samping itu sayur ini mengandung Oxalate, yang ikut menyebabkan batu ginjal, bagi yang rentan.

Kentang (Putih)
Kentang jenis ini mengandung lebih banyak pati daripada gizi. Makan pati terlalu banyak adalah penyebab meningkatnya lemak. Hasil riset universitas Harvard bahkan menunjukkan ada relasi antara makan kentang dan penambahan bobot tubuh. Risiko bertambah, jika kentang disajikan bersama mentega.

Jagung
Jika disantap tanpa tambahan apa pun, maka jagung tergolong makanan sehat. Tetapi jagung sering dihidangkan dengan mentega dan garam. Itu membuat jaung sebagai makanan tidak sehat. Selain itu, jika ingin makan jagung, sebaiknya memilih yang organik, karena jagung adalah tanaman yang paling sering dimodifikasi gennya.

Bayam
Sebenarnya bayam mengandung vitamin A dan K dalam jumlah besar, juga elemen yang mencegah kanker. Tetapi bayam dari kebun konvensional, bukan organik, biasanya mengandung residu pestisida. Di samping itu bayam juga mengandung Oxalate dan Purina yang bisa berbahaya bagi orang yang rentan batu ginjal.

Paprika
Radang bisa ikut menyebabkan penyakit jantung, kanker dan diabetes. Penyebab radang bisa macam-macam, termasuk makanan olahan, stress dan faktor genetis. Tetapi paprika yang mengandung Alkaloid dan Solanina juga bisa ikut mendorong radang, sehingga tidak direkomendasikan untuk orang yang rentan masalah sendi.

Mentimun
Mentimun adalah sayur yang menyegarkan. Tetapi mentimun yang ditanam konvensional, bukan organik, bisa mengandung banyak residu pestisida. Terlebih karena mentimun kerap dimakan tanpa dikupas kulitnya. Jadi jika membeli mentimun, sebaiknya yang organik

Tomat Cherry
Tomat Cherry adalah salah satu snack yang lezat. Dan Lycopene yang dikandung tomat adalah anti oksidan yang efisien dalam menangkal radikal bebas yang mendorong perumbuhan kanker, penuaan dini dan katarak. Tetapi tomat juga mengandung Solanina yang ikut menyebabkan radang. Selain itu tomat cherry yang tidak organik bisa mengandung banyak residu pestisida.

Deutsche Welle
Rubrik Kesehatan: Semua Sayuran Sehat?
Publikasi 04 September 2017
(Dari Koleksi Pribadi Artikel Ilmiah)

0 comments:

Post a Comment