Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, September 29, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Hieronimus, Imam dan Pujangga Gereja
Sabtu, 30 September 2017

Lukas 9:43b-45

9:43b Ketika semua orang itu masih heran karena segala yang diperbuat-Nya itu, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya:
9:44 "Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia."
9:45 Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya. Dan mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu kepada-Nya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang akan banyak dihormati oleh masyarakat umum karena perannya dalam memperhatikan kebaikan umum. Amat banyak orang akan menyayanginya.
  • Tampaknya, karena banyak orang menghormat dan menyayangi, seorang tokoh akan selalu hidup terjaga. Hidupnya akan menjadi aman karena kesiagaan banyak orang jadi pelindung.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sebesar apapun jumlah orang mendukung perjuangannya dan sedalam apapun banyak orang menyayanginya, seorang tokoh pejuang kebaikan umum akan menyadari besarnya risiko yang dihadapi karena dia selalu berhadapan dengan gentayangannya jiwa-jiwa jahat. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari bahwa kesejatian perbuatan baik akan sungguh tampak kala muncul penentangan kaum jahat.
Ah, kalau baik sungguh jelas tak ada penentangnya dong.

0 comments:

Post a Comment