Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, September 14, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Santa Maria Berdukacita
Jumat, 15 September 2017

Lukas 2:33-35

2:33 Dan bapa serta ibu-Nya amat heran akan segala apa yang dikatakan tentang Dia.
2:34 Lalu Simeon memberkati mereka dan berkata kepada Maria, ibu Anak itu: "Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan
2:35 --dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri--,supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, setiap orang pasti pernah mengalami dukacita. Dukacita biasa dikaitkan dengan kehilangan atau rasa kehilangan.
  • Tampaknya, dukacita terdalam terjadi apabila ada kematian dari anggota keluarga. Banyak ucapan pun terumuskan dengan perkataan “Ikut berdukacita”.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sesusah apapun seseorang mengalami kehilangan barang benda bahkan kehilangan anggota keluarga karena kematian, hal ini tidak akan semendalam dukacita orang karena merasakan perjuangan anak atau anggota keluarga demi kebaikan umum menimbulkan berbagai perguncingan karena sikap pro dan kontra yang terjadi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak hanya merasa bangga karena ketokohan warga keluarganya tetapi juga merasakan derita karena risiko perjuangan yang dialaminya.
Ah, pada jaman sekarang yang namanya menderita itu ya kalau tak punya uang.

0 comments:

Post a Comment