Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, September 4, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXII

Selasa, 5 September 2017

Lukas 4:31-37

4:31. Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat.
4:32 Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa.
4:33 Di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan dan ia berteriak dengan suara keras:
4:34 "Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah."
4:35 Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: "Diam, keluarlah dari padanya!" Dan setan itupun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya dan sama sekali tidak menyakitinya.
4:36 Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya: "Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan merekapun keluar."
4:37 Dan tersebarlah berita tentang Dia ke mana-mana di daerah itu.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa rumah ibadat adalah rumah Tuhan. Di dalam rumah ibadat yang ada adalah kekudusan.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa orang yang rajin beribadat di situ akan selalu dekat Tuhan. Dia akan jauh dari roh jahat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sebebas apapun dari kegiatan-kegiatan yang bercorak duniawi sehingga hanya berisi doa dan peribadatan yang selalu menyebut kata-kata “Tuhan”, orang akan menyadari bahwa di dalam kegiatan agamawi rumah ibadat pun ada orang yang dikuasai pengaruh jahat yang justru berani dengan lantang mengecam ucapan dan tindak kebenaran. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan sadar bahwa dalam rumah ibadat pun ada setan beraksi.
Ah, di dalam rumah ibadat kegiatannya ya pasti suci.

0 comments:

Post a Comment