Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, September 15, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Kornelius, Paus, dan Santo Siprianus, Uskup dan Martir
Sabtu, 16 September 2017

Lukas 6:43-49

6:43 "Karena tidak ada pohon yang baik yang menghasilkan buah yang tidak baik, dan juga tidak ada pohon yang tidak baik yang menghasilkan buah yang baik.
6:44 Sebab setiap pohon dikenal pada buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara dan dari duri-duri tidak memetik buah anggur.
6:45 Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya."
6:46 "Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan?
6:47 Setiap orang yang datang kepada-Ku dan mendengarkan perkataan-Ku serta melakukannya--Aku akan menyatakan kepadamu dengan siapa ia dapat disamakan--,
6:48 ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah: Orang itu menggali dalam-dalam dan meletakkan dasarnya di atas batu. Ketika datang air bah dan banjir melanda rumah itu, rumah itu tidak dapat digoyahkan, karena rumah itu kokoh dibangun.
6:49 Akan tetapi barangsiapa mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, ia sama dengan seorang yang mendirikan rumah di atas tanah tanpa dasar. Ketika banjir melandanya, rumah itu segera rubuh dan hebatlah kerusakannya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tidak sedikit orang mengaitkan bait buruk seseorang dari perilakunya. Orang baik berperilaku baik dan orang jahat berperilaku jahat.
  • Tampaknya, kalau orang mau mengembangkan diri agar menjadi orang yang sungguh baik, dia harus menyadari apa saja yang telah dilakukan dalam hidup sehari-hari. Pada malam hari dia merenungkan yang dilakukan selama sehari, dan pada pagi hari dia merancang perbuatan baik yang akan dilakukan hari itu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun teliti menyadari keburukan tindakan dan ucapan serta disiplin menjaga kebaikan tindakan dan ucapan, orang belum sungguh dapat mengembangkan kebaikan diri kalau terlalu berkutat pada perbuatan dan ucapan karena kunci baik buruk terutama terletak pada ada olahan atau tidak terhadap sikap hidup yang tersembunyi di relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu mengarahkan segala yang dialami dalam hidup harian kepada yang bertahta di rongga nurani.
Ah, baik buruk itu ya soal perbuatan dong.

0 comments:

Post a Comment