Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, September 24, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXV

Senin, 25 September 2017

Lukas 8:16-18

8:16 "Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur, tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya.
8:17 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan.
8:18 Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang akan disebut bijak karena mampu memegang rahasia. Rahasia dapat menyangkut hal buruk yang dapat menjatuhkan nama orang lain.
  • Tampaknya, orang juga disebut bijak kalau tidak mudah mengungkapkan hal-hal yang menyangkut dirinya. Demi kerendahan hati dan sikap santun orang juga tidak layak untuk mengungkap kebaikan yang ada dalam dirinya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, serapat apapun orang tidak menunjukkan kebaikan yang ada dalam dirinya baik demi kerendahan hati ataupun demi kesantunan, kebaikan sejati tetap akan terungkap dan terwujud karena ada daya ilahi yang menampilkan dan mengejawantahkan demi kemaslahatan banyak orang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan bersyukur karena boleh menjadi pancaran kebaikan-Nya.
Ah, berbuat baik itu pada jaman kini harus jelas imbalannya.

0 comments:

Post a Comment