Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, September 10, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXIII

Senin, 11 September 2017

Lukas 6:6-11

6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya.
6:7 Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang pada hari Sabat, supaya mereka dapat alasan untuk mempersalahkan Dia.
6:8 Tetapi Ia mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada orang yang mati tangannya itu: "Bangunlah dan berdirilah di tengah!" Maka bangunlah orang itu dan berdiri.
6:9 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?"
6:10 Sesudah itu Ia memandang keliling kepada mereka semua, lalu berkata kepada orang sakit itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Orang itu berbuat demikian dan sembuhlah tangannya.
6:11 Maka meluaplah amarah mereka, lalu mereka berunding, apakah yang akan mereka lakukan terhadap Yesus.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di dalam agama selalu ada tata kedisiplinan. Umat harus menjalani apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang.
  • Tampaknya, di dalam agama juga ada ajaran-ajaran dasar. Umat harus mempelajari atau mendalami isi dari rumusan-rumusan ajaran.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, setertib apapun dalam mentaati aturan-aturan dan sedalam apapun dalam memahami ajaran-ajaran agama, orang belum sungguh menghayati hidup keagamaan kalau tidak menomor satukan tindakan yang menghadirkan kebaikan banyak orang lain terutama yang papa dan menderita. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu mendapatkan daya jiwani dalam setiap ibadat untuk berbuat baik bagi orang lain.
Ah, beragama itu ya menjalani ibadat di hari kudus.

0 comments:

Post a Comment