Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, September 27, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXV

Kamis, 28 September 2017

Lukas 9:7-9

9:7 Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan iapun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati.
9:8 Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit.
9:9 Tetapi Herodes berkata: "Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?" Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, agama sering dipakai untuk tolok ukur menilai orang. Orang baik akan beragama dan orang jahat akan abai dalam agama.
  • Tampaknya, di dalam beragama pun orang masih sering mengukur sikap baik dan jahat. Yang tidak taat menjalani kebiasaan-kebiasaan doa dan ibadah dapat dinilai bahwa sesungguhnya dia berada dalam lingkungan kuasa jahat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun orang memeluk agama tertentu dan tekun menjalani segala tatanannya, ini semua tidak boleh menjadi tolok ukur untuk menilai apakah dia baik atau jahat yang sejatinya dapat disadari dalam sikap hatinya cemas atau tidak bila berhadapan dengan kebaikan-kebaikan yang dilakukan oleh orang lain terutama yang beda golongan atau sikap dengannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari diri sebagai orang baik atau buruk berdasarkan iklim batin gelisah atau tidak ketika tahu orang lain melakukan kebaikan.
Ah, sebaik apapun orang lain yang berseberangan, itu adalah ancaman untuk kesuksesan kita. 

0 comments:

Post a Comment