Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, September 20, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXIV

Jumat, 22 September 2017

Lukas 8:1-3

8:1. Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia,
8:2 dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat,
8:3 Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang masih dapat menerima ungkapan tradisional “lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya”. Ada yang menjelaskan sebagai “Setiap negeri atau bangsa berlainan adat kebiasaannya.”
  • Tampaknya, perbedaan tidak hanya ditentukan oleh negeri atau bangsa. Kalau harus bepergian berkeliling, orang juga harus memperhitungkan bahwa beda kota dan beda desa pun juga dapat menentukan bagaimana dia harus bersikap.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun berada di tempat-tempat berbeda adat istiadat dan kelompok-kelompok orang berbeda perilaku, orang baru sungguh-sungguh mampu menjalani sambung hidup kalau kehadirannya selalu menjadi ungkapan dan wujud upaya ambil bagian membawa damai sejahtera demi kebaikan umum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati kemanapun dan kapanpun orang dipanggil menjadi pembawa sukacita kedamaian.
Ah, yang paling pokok adalah cari nafkah.

0 comments:

Post a Comment