Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, September 18, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXIV

Selasa, 19 September 2017

Lukas 7:11-17

7:11. Kemudian Yesus pergi ke suatu kota yang bernama Nain. Murid-murid-Nya pergi bersama-sama dengan Dia, dan juga orang banyak menyertai-Nya berbondong-bondong.
7:12 Setelah Ia dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu.
7:13 Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: "Jangan menangis!"
7:14 Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: "Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!"
7:15 Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya.
7:16 Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: "Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita," dan "Allah telah melawat umat-Nya."
7:17 Maka tersiarlah kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, kepedulian sosial tidak hanya menjadi urusan dan gerakan hidup keagamaan. Negara pun amat memperhatikan nasib kaum papa dan menderita.
  • Tampaknya, yang kecil, lemah, miskin, tersingkir, dan difabel (KLMTD) harus diutamakan dalam kepedulian sosial. Dalam keadaan darurat yang dilakukan adalah kegiatan karitatif, dan di luar yang darurat yang dilakukan adalah pemberdayaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun orang mengalami kemiskinan dan hidupnya terlunta-lunta, dia dapat berada di luar jangkauan gerakan kepedulian kalau gaya hidupnya bak tokoh hebat penuh tampilan eksklusif, karena kepedulian sosial sejati terutama layak dialami oleh kaum papa dan menderita yang mengalami keprihatinan nyata berhadapan dengan keburaman masa depan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan memperhatikan kaum miskin dan menderita terutama demi masa depannya.
Ah, kepedulian sosial itu yang pokok memberi uang.

0 comments:

Post a Comment