Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, October 3, 2017

5 Makanan pengontrol gula darah dalam tubuh

diambil dari http://terserahanda.com by admin -

Kandungan gula darah yang tinggi menyebabkan seseorang mengalami masalah diabetes. Jika sudah demikian, konsumsi karbohidrat harus benar-benar diukur dan diperhatikan.

Tak jarang kondisi ini membuat para penderita diabetes merasa sedikit terkekang untuk memenuhi nafsu makan mereka.

Kabar baiknya, berikut ada beberapa makanan yang dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, namun dijamin dapat memuaskan nafsu makan anda.

1. Melon dan Berry

Melon dan berry kaya akan serat dan nutrisi penting. Bahkan keduanya memiliki kandungan karbohidrat yang cukup rendah, sehingga baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Anda cukup memakannya secara langsung, atau jika perlu bisa dicampurkan ke yogurt agar lebih memberikan efek kenyang dan memuaskan nafsu makan anda.

2. Aneka sayuran rendah karbohidrat

Sayuran adalah sumber terbaik yang menyediakan berbagai nutrisi ke tubuh anda. Anda bisa memakannya langsung mentah-mentah, atau jika perlu bisa dipanggang atau dikukus.

Yang perlu menjadi perhatian adalah pilihlah sayuran yang memiliki kadar karbohidrat rendah seperti jamur, kubis, tomat, dan terong.

3. Sumber protein tinggi

Diet protein tinggi sangat baik untuk para penderita diabetes, karena akan mengurangi karbohidrat dan menambahkan porsi protein dalam makanan.

Telur, keju, dan daging tanpa lemak merupakan sumber protein tinggi yang bisa anda pilih. Anda bisa mengkombinasikannya dengan selai kacang dan seledri sebagai cemilan.

4. Sedikit lemak

Penderita diabetes tetap membutuhkan asupan lemak, namun harus benar-benar lemak baik dan dalam porsi yang kecil. Pilihan tepat bisa memanfaatkan minyak zaitun (olive oil), alpukat, dan ikan berlemak (seperti salmon).

Untuk mendapatkan lemak baik, gunakan minyak zaitun untuk memasak makanan atau bisa mengkonsumsi lemak dari ikan sebagai pengganti salad.

5. Minuman rendah kalori

Air putih memang selalu dianjurkan untuk kita konsumsi dengan jumlah yang mencukupi, sekitar 8 gelas per hari. Bahkan tidak ada pengganti untuk urusan ini.

Infused water bisa menjadi salah satu referensi bagi penderita diabetes jika ingin mendapatkan sensasi berbeda, karena minuman kaya warna ini masih tergolong rendah kalori.

Cukup iris potongan lemon atau mentimun dan campurkan dalam air untuk mendapatkan kesegaran PLUS asupan detoksin alami dari bahan-bahan tersebut. Jika perlu bisa ditambahkan daun mint untuk menambah sensasi kesegarannya.

Itulah beberapa makanan pengontrol gula darah yang bisa anda jadikan menu santapan sehari-hari agar masalah gula darah anda tetap terkontrol, namun tetap bisa memenuhi nafsu makan anda.

Jangan lupa dishare kepada keluarga, teman, atau kerabat anda yang sedang mengalami gangguan diabetes.

Sumber : https://health-zone.org/7-foods-control-blood-sugar

0 comments:

Post a Comment