Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, October 30, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXX

Selasa, 31 Oktober 2017

Lukas 13:18-21

13:18. Maka kata Yesus: "Seumpama apakah hal Kerajaan Allah dan dengan apakah Aku akan mengumpamakannya?
13:19 Ia seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di kebunnya; biji itu tumbuh dan menjadi pohon dan burung-burung di udara bersarang pada cabang-cabangnya."
13:20 Dan Ia berkata lagi: "Dengan apakah Aku akan mengumpamakan Kerajaan Allah?
13:21 Ia seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa orang yang sungguh hidup akan selalu belajar mencari ilmu. Dengan ilmu pengetahuan orang akan mampu menguasai hidup.
  • Tampaknya, karena hidup itu begitu luas, mendalam, dan rumit, maka ada banyak cabang ilmu pengetahuan. Apalagi di era global dengan kepesatan tekhnologi informasi, ilmu pengetahuan amat sangat berkembang sehingga makin banyak sekali spesialisasi pengetahuan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sepesat apapun ilmu-ilmu pengetahuan menghasilkan begitu banyaknya spesialisasi-spesialisasi, otak manusia sekalipun dari para ahli sedunia bersama-sama tak akan mampu mengurai kehidupan manusia secara menyeluruh lahir batin karena kesejatian hidup bukanlah terutama untuk diketahui tetapi untuk dihayati sebagai jalan kebahagiaan yang harus dijalani dengan olah hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu menjaga dan mengembangkan kebiasaan olah kalbu dengan berbagai bayangan yang muncul dalam cita, rasa, dan karsa.
Ah, yang pokok hidup itu ya kerja cari nafkah.

0 comments:

Post a Comment