Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, October 26, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXIX

Jumat, 27 Oktober 2017

Lukas 12:54-59

12:54. Yesus berkata pula kepada orang banyak: "Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan, dan hal itu memang terjadi.
12:55 Dan apabila kamu melihat angin selatan bertiup, kamu berkata: Hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi.
12:56 Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?
12:57 Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?
12:58 Sebab, jikalau engkau dengan lawanmu pergi menghadap pemerintah, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan, supaya jangan engkau diseretnya kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara.
12:59 Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di era global ilmu pengetahuan berkembangan amat pesat. Hal-hal amat kecil, yang pada zaman lampau luput dari pengamatan, kini makin diketemukan dan diteliti sehingga pengetahuan akan realita dunia makin luas dan mendalam.
  • Tampaknya, di era global orang yang sungguh berpengetahuan akan makin ahli terhadap pernik tertentu dalam bagian bidang dunia tertentu. Makin ahli seseorang makin orang masuk dalam spesialisasi titik tertentu dalam bidang kecil tertentu yang menjadi pusat perhatian.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sedalam apapun pengetahuan dengan kecermatan pengamatan dimiliki, kalau tidak disertai pemahaman akan perkembangan situasi hidup dan pola perilaku masyarakat tempat hidupnya, semua itu hanya akan membuat seorang yang berpengetahuan mudah jatuh dalam kemunafikan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menempatkan segala pengetahuan dan ketrampilannya dalam konteks kehidupan masyarakat yang dihadapi dengan segala perkembangannya.
Ah, makin berpengetahuan orang akan makin mudah mencari uang.

0 comments:

Post a Comment