Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, October 17, 2017

Lamunan Pesta

Santo Lukas, Pengarang Injil
Rabu, 18 Oktober 2017

Lukas 10:1-9

10:1. Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.
10:2 Kata-Nya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.
10:3 Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.
10:4 Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapapun selama dalam perjalanan.
10:5 Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini.
10:6 Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.
10:7 Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah.
10:8 Dan jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu,
10:9 dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di dalam hidup bersama biasa terdapat orang-orang yang muncul atau terpilih ikut menentukan maju dan berkembangnya kelompok atau organisasi. Mereka masuk dalam jajaran orang-orang yang kerap disebut tokoh.
  • Tampaknya, seorang tokoh akan disebut baik kalau mampu menciptakan atau paling tidak menjalankan program dan kegiatan demi kebersamaan. Makin banyak jasa baik dibuat bagi banyak orang, makin hebatlah tokoh itu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sehebat apapun program dan kegiatan dibuat untuk memajukan kelompok atau organisasi sehingga amat banyak orang mendapatkan manfaat kehidupan, seseorang belum sungguh-sungguh menjadi tokoh hebat kalau tidak menjadi pemersiap hadirnya tokoh-tokoh ke depan yang akan berperan bagi kelompok atau organisasinya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang dalam perjuangan bagi kebersamaan akan memandang hadiran sosok ke depan sebagai warna kegiatan-kegiatannya.
Ah, yang namanya tokoh itu yang punya status terpandang dan atau kaya.

0 comments:

Post a Comment