Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, October 17, 2017

Tips Memilih Menu Makanan Sehat Untuk Lansia

diambil dari https://www.facebook.com/notes/cap-panda October 24, 2011 at 11:10am
Salam sehat Pandaerzz,

Lansia, mendengar kata Lansia tentu saja yang terpikir di benak anda adalah orang-orang lanjut usia yang  sudah memasuki usia baya. Terkadang seseorang yang sudah memasuki usia yang disebut lansia tersebut tidak  pernah lagi memperhatikan menu makanan atau pun minumannya, karena dari kebanyakan mereka sudah merasa  tidak lagi membutuhkan vitamin-vitamin atau pun karbohidrat dan suplemen-suplemen makanan lainnya untuk tubuh, mengingat mereka sudah tidak lagi dapat beraktivitas secara aktif.

Kenyataannya, asupan makanan atau pun minuman yang dikonsumsi setiap harinya oleh mereka yang berusia lanjut  atau lansia ini haruslah tetap diperhatikan, terlebih lagi karena kondisi fisik para lansia lebih rentan  terkena berbagai macam penyakit bahkan sampai penyakit komplikasi. Untuk itu, sangat diperlukan dan sangat  dianjurkan untuk mengetahui dan menyediakan menu makanan sehat untuk lansia secara teratur.

Ada banyak hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih menu makanan sehat untuk Lansia, antara lain:

1. Mengontrol kadar kolesterol hingga batas normal.

2. Sebaiknya mengurangi makanan yang digoreng karena mengandung banyak minyak yang tentu saja tidak baik  untuk tubuh mereka.

3. Perbanyak konsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak serat untuk membantu memperlancar proses  pencernaan serta mengurangi resiko sembelit.

4. Mengontrol kadar gula darah agar tetap normal, salah satunya dengan cara mengurangi asupan makanan yang  mengandung banyak karbohidrat dan gula.

5. Perbanyak asupan makanan yang mengandung protein dan kalsium.

6.  Minum susu juga merupakan hal baik untuk dilakukan oleh para Lansia.
Dalam hal ini, para lansia dianjurkan  untuk minum yoghurt yaitu susu hasil fermentasi dan bukan susu biasa. Alasan yang mendasari pernyataan tersebut  adalah karena umumnya, jika para lansia minum susu biasa, keluhan yang sering muncul adalah diare. Selain  meminum susu hasil fermentasi, para Lansia bisa mengkonsumsi makanan hasil olahan susu seperti keju.

7. Untuk membantu proses metabolisme tubuh agar tetap terjaga, Lansia juga harus memperhatikan vitamin-vitamin  untuk asupan tambahan bagi tubuhnya, seperti vitamin A, Vitamin B (1,2,6), vitamin C, Asam folat, niasin dan  lain sebagainya.

8. Air mineral atau air putih juga sangat dibutuhkan untuk para lansia.
Air putih diketahui dapat menetralkan  racun yang ada di dalam tubuh, selain itu kegunaan air putih juga dapat membersihkan ginjal dan mengganti  cairan-cairan yang hilang. Mengkonsumsi air putih secara teratur dan untuk lansia dianjurkan meminum air putih  lebih dari 8 gelas dalam satu hari. Dan untuk semua kalangan sebaiknya pada saat bangun tidur jangan memasukkan  makanan atau minuman lain sebelum air putih masuk ke tubuh kita

Demikian beberapa ragam menu makanan sehat untuk lansia dari sekian banyak menu makanan sehat untuk lansia.  Semoga bermanfaat.

-Pilihan Sehat...Pilihan Alami-

0 comments:

Post a Comment