Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, October 16, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Ignasius dari Antiokia, Uskup dan Martir
Selasa, 17 Oktober 2017

Lukas 11: 37-41

11:37. Ketika Yesus selesai mengajar, seorang Farisi mengundang Dia untuk makan di rumahnya. Maka masuklah Ia ke rumah itu, lalu duduk makan.
11:38 Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan.
11:39 Tetapi Tuhan berkata kepadanya: "Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan.
11:40 Hai orang-orang bodoh, bukankah Dia yang menjadikan bagian luar, Dia juga yang menjadikan bagian dalam?
11:41 Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tidak sedikit yang beranggapan bahwa baik buruk seseorang dinilai dari perilakunya. Ada tatanan sosial untuk menilai baik atau buruk omongan dan tindakan seseorang.
  • Tampaknya, agama juga menilai baik buruk umat berdasarkan tatanan perilaku. Ada aturan-aturan upacara untuk menilai apakah orang hormat pada Tuhan atau tidak.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, setaat apapun seseorang pada tatanan hidup bersama untuk berperilaku baik dan benar, semua itu hanya akan menjadi upacara bahkan pencitraan belaka kalau dia tidak menjaga hening bersih hati sehingga segala omongan dan tindakan menjadi ungkapan dan pewujudan kebaikan kalbu. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menjaga bercahayanya nurani dalam segala omongan dan perbuatannya.
Ah, pada jaman kini yang paling penting adalah kemasan untuk dimaui oleh pasar.

0 comments:

Post a Comment