Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, October 1, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Para Malaikat Pelindung
Senin, 2 Oktober 2017

Lukas 9:46-50

9:46 Maka timbullah pertengkaran di antara murid-murid Yesus tentang siapakah yang terbesar di antara mereka.
9:47 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka. Karena itu Ia mengambil seorang anak kecil dan menempatkannya di samping-Nya,
9:48 dan berkata kepada mereka: "Barangsiapa menyambut anak ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku; dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia, yang mengutus Aku. Karena yang terkecil di antara kamu sekalian, dialah yang terbesar."
9:49 Yohanes berkata: "Guru, kami lihat seorang mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita."
9:50 Yesus berkata kepadanya: "Jangan kamu cegah, sebab barangsiapa tidak melawan kamu, ia ada di pihak kamu."

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, di era global orang harus menanggung hidup sendiri. Iklim kemandirian mengembangkan sikap negatif terhadap yang inginnya menggantungkan diri pada orang lain.
  • Katanya, karena orang harus siap sendiri menanggung hidup, di era global sikap persaingan menjadi hal yang wajar. Orang harus siap berjuang untuk mengalahkan pihak lain dalam merebut kesempatan apalagi kalau memiliki usaha-usaha sama.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun berhadapan dengan yang memiliki usaha, program, dan kegiatan yang sama serta tidak menjadi satu kelompok tetapi bekerja dengan aura keluhuran sikap demi kebaikan umum, orang akan selalu terbuka berjejaring sehingga dikembangkan iklim saling mendukung. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan memandang pihak-pihak lain, yang memiliki usaha sama dengan tindakan baik dan benar, sebagai sesama saudara perjuangan.
Ah, kerjasama dengan yang punya usaha sama untuk jaman sekarang dapat merugikan.

0 comments:

Post a Comment