Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, October 5, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXVI

Jumat, 6 Oktober 2017

Lukas 10:13-16

10:13 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.
10:14 Akan tetapi pada waktu penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.
10:15 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati!
10:16 Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, seseorang dapat menjadi tokoh masyarakat karena memiliki kemampuan unggul. Dia juga disebut hebat karena berjuang demi kebaikan umum.
  • Tampaknya, dalam memperjuangkan kebaikan umum seorang tokoh juga berhadapan dengan sikap pro dan kontra. Dengan sesama pejuang dia akan diterima dan didukung, dan berhadapan dengan yang dirugikan nafsu dirinya dia akan ditolak.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sehebat apapun kemampuan seseorang yang berjuang dengan kebaikan umum, segala kemampuan dan kebaikan yang ada dalam dirinya adalah daya ilahi sehingga setiap pejuang kebaikan adalah raga surgawi yang membuat sikap orang lain terhadapnya menjadi pertanda adanya keterbukaan pada nurani atau tidak. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari bahwa dirinya dengan segala ulah baiknya adalah bagian dari rambu-rambu gerak karya nurani di tengah dunia.
Ah, segala kemampuan adalah modal untuk meraih penghasilan dan kekayaan.

0 comments:

Post a Comment