Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, October 23, 2017

Lamunan Pekan Biasa XXIX

Selasa, 24 Oktober 2017

Lukas 12:35-38

12:35 "Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala.
12:36 Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya.
12:37 Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka.
12:38 Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang memang dituntut bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Meskipun demikian istirahat juga harus dilakukan.
  • Tampaknya, dalam agama pun yang namanya istirahat juga menjadi bagian kemanusiaan. Di dalam Alkitab ada hari sabat, yaitu hari istirahat sesudah hari-hari lain yang diisi dengan kerja.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun raga amat membutuhkan saat-saat istirahat untuk menjaga kesegaran dalam beraktivitas, tetapi orang tidak akan membuat jiwa berhenti berjaga dalam keadaan apapun karena bila terlena raga tak dapat bekerja saat harus kerja dan tak dapat beristirahat saat harus istirahat sehingga kebahagiaan pun menjauh. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang selalu menjaga kesiagaan jiwa agar waspada dalam menghayati kehidupan kongkret.
Ah, soal kejiwaan itu urusan peribadatan.

0 comments:

Post a Comment