Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, January 22, 2018

Dengarlah jeritan orang-orang miskin!

Hari ke-5, 22 Januari 2018 Pekan Doa Sedunia untuk Kesatuan Umat Kristiani
18-25 Januari 2018

TANGAN KANAN-MU, TUHAN, 
MULIA KARENA KEKUASAAN-MU
(Keluaran 15:1-21))


Ulangan 1: 19-35 Tuhan Allah berjalan di depanmu dan membawa engkau
Mazmur 145: 9-20 Tuhan menjunjung tinggi semua orang yang jatuh
Yakobus 1: 9-11 Orang kaya akan lenyap seperti bunga di ladang
Lukas 18: 35-43 Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!

Pada tanggal 19 November 2017, Paus Fransiskus menetapkan Hari Orang Miskin Sedunia untuk pertama kalinya. Kemiskinan ada di mana-mana seluas dunia ini, juga di antara kita. Kita pun dipanggil untuk peduli kepada orang miskin. Kita berbelarasa dengan mereka. Kita menaruh kepeduliaan terhadap mereka. Umat Kristiani harus berjuang bersama dan mendahulukan kaum kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difafel (KLMTD).

Refleksi: Kita bisa membayangkan suara kerumunan saat Yesus memasuki Yerikho. Banyak suara membungkam seruan pengemis buta itu tidak terdengar. Meski demikian, Yesus mendengar suara orang buta itu, sama seperti Tuhan selalu mendengar teriakan orang miskin di dalam Kitab Suci. Tuhan tidak hanya mendengar, tetapi juga menanggapi mereka yang terjatuh. Dengan demikian, kehidupan pengemis berubah secara drastis.
Perpecahan orang Kristiani bisa menjadi bagian dari hiruk-pikuk dan kekacauan dunia. Seperti suara berdebat di luar Yerikho, perpecahan kita bisa meredam jeritan orang miskin. Namun, ketika kita bersatu kita akan lebih mampu mendengar dan menanggapi jeritan itu. 

Doa: Tuhan Mahakasih, Engkau mengangkat orang miskin-tertindas dan memulihkan martabat mereka. Dengarlah tangisan mereka, kembalikan harapan dan angkatlah mereka. Satukanlah kami semua agar mampu bersama Engkau mengatasi kemiskinan ini. Sebab Engkaulah yang hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa. Amin

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊ ·̵̭̌·̵̭̌«̶
Aloys budi purnomo Pr

Sent from my heart of abudhenkpr
"abdi Dalem palawija"
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan;
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang;
Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang.

0 comments:

Post a Comment