Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, January 18, 2018

Terimalah sebagai Saudara Terkasih

TANGAN KANAN-MU, TUHAN, 
MULIA KARENA KEKUASAAN-MU
(Keluaran 15:1-21))

Pekan Doa Sedunia 
untuk Kesatuan Umat Kristiani 
18-25 Januari 2018

HARI 2: 19 Januari 2018: Terimalah sebagai Saudara Terkasih

Kejadian 1: 26-28 Allah menciptakan umat manusia menurut gambar Allah sendiri
Mazmur 10: 1-10  Mengapa, Engkau berdiri jauh, ya Tuhan? 
Filemon 1:16 Bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih dari sekedar hamba, yaitu sebagai saudara yang kekasih
Lukas 10: 25-37 Perumpamaan tentang orang Samaria yang baik hati

Perdagangan manusia adalah sebuah bentuk perbudakan modern. Korban dipaksa atau ditipu dalam pekerjaan seks. Anak-anak dipaksa bekerja. Jual-beli organ tubuh makin marak demi meraup keuntungan pribadi. Masalah ini tidak hanya terjadi di negara lain, tapi bisa saja terjadi di sekitar kita, dekat dengan kita.

Releksi: Salah satu hal pertama yang kita pelajari tentang Tuhan dalam Surat Ibrani dan Injil adalah bahwa Tuhan menciptakan manusia menurut gambar-Nya. Namun, kebenaran yang mendalam dan indah ini sering dikaburkan dan diingkari. Misalnya, melalui penjajahan, martabat manusia diperbudak dan diinjak-injak. Pesan Injil sama sekali berbeda dengan ini. Yesus menentang norma-norma sosial yang merendahkan martabat orang Samaria yang baik hati. Dan Paulus, menggambarkan Onesimus yang dulu seorang hamba yang diperbudak itu sebagai 'saudara terkasih'. 
Kasih Kristiani harus selalu menjadi kasih yang berani melintasi batas, mengakui bahwa setiap orang memiliki martabat yang sama. Seperti St. Paulus, kita harus ‘berani di dalam Kristus' untuk bangkit menyatukan suara sebagai saudari-saudara terkasih bagi mereka yang tertindas dan karenanya bekerja sama untuk mengakhiri perbudakan modern ini. Sanggupkah kita?

Doa: Tuhan yang Maha Rahim, datanglah kepada mereka yang menjadi korban perdagangan manusia. Yakinkan mereka bahwa Engkau melihat penderitaan mereka dan mendengar jeritan mereka. Semoga Gereja-Mu bersatu dalam belas kasih dan keberanian untuk berjuang bagi mereka ini sehingga tidak akan ada yang dieksploitasi dan semua bebas menjalani kehidupan yang bermartabat dan damai. Inilah doa kami dalam nama Allah Tritunggal, yang mampu melakukan segala sesuatu lebih dari yang kami bayangkan, kini dan sepanjang masa. Amin.

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶
Aloys budi purnomo Pr

Sent from my heart of abudhenkpr
"abdi Dalem palawija"
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan;
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang;
Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang.

0 comments:

Post a Comment