Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, January 17, 2018

PEKAN DOA SEDUNIA UNTUK KESATUAN UMAT KRISTIANI


Gereja Katolik dan Gereja-Gereja Kristen menetapkan tanggal 18-25 Januari sebagai Pekan Doa Sedunia untuk Kesatuan Umat Kristiani sejak tahun 1908. Berikut bahan renungan harian, tema, bacaan dan doa di hari pertama.

HARI 1, 18 Januari 2018
Kamu harus mengasihi orang asing

Imamat 19: 33-34 Kamu harus mengasihi orang asing seperti dirimu sendiri
Mazmur 146 Tuhan menjaga orang-orang asing
Ibrani 13: 1-3 Beberapa orang telah menjamu malaikat-malaikat tanpa 
menyadarinya.
Matius 25: 31-46  Ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan

Bangsa Israel Kuno menjadi orang asing di tanah Mesir. Ingatan akan pengasingan mereka diharapkan bisa mendorong empati dan solidaritas terhadap orang-orang buangan dan orang asing saat ini. Bangsa kita pun pernah mengalami masa-masa penjajahan. Kita menjadi asing di Tanah Air sendiri. Banyak negara lain yang pernah mengalami kepahitan yang sama, dikebiri kebebasannya bahkan dijadikan budak. Tuhan telah memulihkan martabat kita dalam Kristus, dan membuat kita menjadi warga Kerajaan-Nya yang bebas.

Refleksi: Kasih orang Kristiani adalah mengasihi seperti Bapa, yaitu kasih yang menghargai martabat orang lain. Dengan demikian, kita membantu membawa kesembuhan bagi sesama yang terluka. Apakah kita mau menerima “orang asing” sebagai saudari-saudara kita dengan tangan terbuka dan tulus hati?

Doa: Tuhan yang Maha Esa dan Kekal, Engkau bukan milik golongan atau budaya tertentu, tapi milik kami semua. Engkau memanggil kami untuk menyambut orang asing di tengah kami dengan tulus hati. Bantulah kami dengan Roh-Mu, untuk hidup sebagai saudari-saudara, menerima sesama dalam nama-Mu, dan mewujudkan hidup yang adil, kini dan selamanya. Amin.

Doa untuk Kesatuan Umat Kristen 
(Puji Syukur 177)

Bapa yang maha pengasih dan penyayang, menjelang akhir hidup-Nya, Yesus berdoa bagi para murid-Nya, “Semoga mereka semua bersatu, seperti Engkau, ya Bapa, ada dalam Aku dan Aku dalam Dikau; supaya mereka juga bersatu dalam Kita, agar dunia ini percaya bahwa Engkau mengutus Aku.”

Maka kami mohon ya Bapa: semoga semua orang Kristen bersatu padu dan giat mengusahakan kesatuan. Semoga seluruh pemimpin umat-Mu semakin menyadari perlunya kesatuan. Musnahkanlah sandungan akibat perpecahan di antara umat Kristen. Semoga persatuan umat Kristen merupakan sumber perdamaian, dan tanda kasih Kristus bagi seluruh umat manusia.

Bapa, Tuhan Yesus Kristus telah bersabda kepada para rasul, “Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu”: Janganlah Kaupandang dosa-dosa kami, melainkan pandanglah kepercayaan umat-Mu, dan berikanlah damai serta persatuan kepada kami sesuai dengan kehendak-Mu. Pandanglah kawanan domba Yesus. Semoga semua, yang telah dikuduskan oleh satu pembaptisan, dipererat pula oleh persatuan iman dan ikatan kasih. Buatlah kami semua menjadi satu kawanan dengan Yesus sendiri sebagai satu-satunya Gembala, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, sepanjang segala abad. Amin

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊ ·̵̭̌·̵̭̌«̶
Aloys budi purnomo Pr

Sent from my heart of abudhenkpr
"abdi Dalem palawija"
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan;
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang;
Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang.

1 comments:

Anonymous said...

Terima kasih Romo. Berkah Dalem.

Post a Comment